TENTANG FKL

Adira Finance sebagai salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia, dengan corporate branding ‘Adira Finance untuk Indonesia’, memiliki visi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui berbagai program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) yang berbasis komunitas atau masyarakat.


Melalui pilar CSR Sahabat Lokal yang melibatkan ekosistem bisnis Adira Finance, sejak diperkenalkan pada 2017, telah menggelar kegiatan pemberdayaan seputar pariwisata, budaya, kearifan lokal dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Hal ini meliputi kegiatan sebagai berikut:

1. Langkah Untuk Negeri (2017)

2. Festival Pesona Lokal (2018-2019)

3. Festival Pasar Rakyat (2015-2020)

4. Festival Kreatif Lokal (2020)


Festival Kreatif Lokal 2020


Pada 2020, kondisi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia memberikan dampak signifikan pada sektor usaha. Situasi ini mendorong Adira Finance untuk mengajak para pelaku usaha, terutama sektor UKM, untuk bangkit dan berkolaborasi menghadapi kesulitan ekonomi. Hal ini sejalan dengan visi Adira Finance yaitu “Menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan”. 


Untuk mewujudkan dukungan tersebut, Adira Finance bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI mengadakan Festival Kreatif Lokal (FKL) 2020 #BangkitBersamaSahabat. 


FKL 2020 menjadi aksi nyata bentuk kepedulian kepada pelaku usaha dan generasi muda, agar bersama-sama bangkit membangun perekonomian Indonesia di masa pandemi Covid-19, serta merupakan bentuk dukungan Adira Finance terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.


Kegiatan di FKL 2020 meliputi:


1. Kreatif Lokal Award: ajang pemilihan UKM terbaik dari 6 kategori bidang ekonomi kreatif yang dilombakan, yaitu bidang Kuliner, Fashion, Kriya, Fotografi, Video, dan Pertunjukan.


2. Konser Kreatif Lokal: Konser amal untuk menggalang donasi kepada pelaku UKM terdampak pandemi. Acara ini meliputi rangkaian kegiatan Live Streaming event, Online Bazzar mengangkat produk para pemenang Kreatif Lokal Award, serta Online Workshop & Talkshow dengan ikon kreatif.




Festival Kreatif Lokal 2021


Tahun ini Adira Finance kembali menggelar program Festival Kreatif Lokal (FKL) 2021 #TumbuhBersamaSahabat, untuk meneruskan komitmen mendukung pengembangan ekonomi kreatif dan program Kemenparekraf #BeliKreatifLokal. Sejalan dengan ini,  fokus penyelenggaraan akan dilakukan terhadap UKM pada kategori Fashion, Kuliner, dan Kriya di lima Destinasi Super Prioritas (DSP) pariwisata Indonesia.


Sebagai program yang berkesinambungan, UKM terpilih akan diberikan pembekalan (coaching camp), tantangan (challenge) hingga nantinya mereka dapat bertukar pikiran mengenai ide dan kreativitas dengan sesama UKM di lima DSP tersebut, serta bersama pemerintah daerah untuk membangun wilayah setempat bersama-sama.


Lima DSP yang terpilih di FKL 2021 adalah sebagai berikut:

1. Danau Toba, Sumatera Utara

2. Likupang, Sulawesi Utara

3. Mandalika, Nusa Tenggara Barat

4. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

5. Candi Borobudur, Jawa Tengah


Adira Finance berharap melalui rangkaian penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal yang digelar setiap tahun, menjadi kegiatan berkelanjutan yang dapat membangkitkan ekosistem ekonomi kreatif sehingga bersama-sama meningkatkan ekonomi Indonesia. Tidak hanya berhasil bangkit dan tumbuh, tapi ke depannya juga berkembang lebih jauh ke kancah internasional.

DEWAN JURI

Rangkaian Program

1 September 2021

Peluncuran Festival Kreatif Lokal 2021

Peluncuran Festival Kreatif Lokal 2021

1 September 2021

Peluncuran Festival Kreatif Lokal 2021 akan diadakan di kantor Kemenparekraf dan akan ditayangkan secara live di Youtube Adira dan Youtube Narasi pada pukul 14:30-15:30 WIB

1 - 22 September 2021

Masa Pendaftaran UKM

Masa Pendaftaran UKM

1 - 22 September 2021

Pendaftaran bisa dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran di www.festivalkreatiflokal.co.id

1 - 5 Oktober 2021

Seleksi UKM Danau Toba

Seleksi UKM Danau Toba

1 - 5 Oktober 2021

Pada seleksi UKM di Danau Toba akan ada beberapa agenda, antara lain : Coaching camp yang akan dilakukan oleh tim E-camp, UMKM challenge, Intimate Dinner sekaligus Penjurian Finalis yang terdiri dari 9 UKM yang nantinya akan menghasilkan 3 pahlawan UKM lokal di masing-masing kategori Kuliner, Fesyen, dan Kriya. Proses ini akan menyaring pendaftar menjadi 9 besar. Dengan kategori penyaringan yaitu Lokasi peserta berasal dari Danau Toba dan sekitarnya, Usaha sudah berjalan sama dengan atau lebih dari 1 tahun, Usaha dalam kategori Kriya, Kuliner (yang sudah mendapatkan Izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT)) dan Fesyen (yang memiliki unsur budaya lokal), usaha sudah terklasifikasi Go Digital (memiliki website/lapak digital), Jenis usaha masuk ke dalam klasifikasi kecil dan menengah. Seluruh penjurian akan dilakukan oleh tim dari Prasetya Mulya dan E-camp.

2 - 12 Oktober 2021

Seleksi UKM Likupang

Seleksi UKM Likupang

2 - 12 Oktober 2021

Pada seleksi UKKM di Likupang akan ada beberapa agenda, antara lain : Coaching camp yang akan dilakukan oleh tim E-camp, UKKM challenge, Intimate Dinner sekaligus Penjurian Finalis yang terdiri dari 9 UKM yang nantinya akan menghasilkan 3 pahlawan UKM lokal di masing-masing kategori Kuliner, Fesyen, dan Kriya Proses ini akan menyaring pendaftar menjadi 9 besar. Dengan kategori penyaringan yaitu Lokasi peserta berasal dari Likupang dan sekitarnya, Usaha sudah berjalan sama dengan atau lebih dari 1 tahun, Usaha dalam kategori Kriya, Kuliner (yang sudah mendapatkan Izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT)) dan Fesyen (yang memiliki unsur budaya lokal), usaha sudah terklasifikasi Go Digital (memiliki website/lapak digital), Jenis usaha masuk ke dalam klasifikasi kecil dan menengah. Seluruh penjurian akan dilakukan oleh tim dari Prasetya Mulya dan E-camp.

9 - 19 Oktober 2021

Seleksi UKM Mandalika

Seleksi UKM Mandalika

9 - 19 Oktober 2021

Pada seleksi UKM di Mandalika akan ada beberapa agenda, antara lain : Coaching camp yang akan dilakukan oleh tim E-camp, UKM challenge, Intimate Dinner sekaligus Penjurian Finalis yang terdiri dari 9 UKM yang nantinya akan menghasilkan 3 pahlawan UKM lokal di masing-masing kategori Kuliner, Fesyen, dan Kriya Proses ini akan menyaring pendaftar menjadi 9 besar. Dengan kategori penyaringan yaitu Lokasi peserta berasal dari Mandalika dan sekitarnya, Usaha sudah berjalan sama dengan atau lebih dari 1 tahun, Usaha dalam kategori Kriya, Kuliner (yang sudah mendapatkan Izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT)) dan Fesyen (yang memiliki unsur budaya lokal), usaha sudah terklasifikasi Go Digital (memiliki website/lapak digital), Jenis usaha masuk ke dalam klasifikasi kecil dan menengah. Seluruh penjurian akan dilakukan oleh tim dari Prasetya Mulya dan E-camp.

16 - 26 Oktober 2021

Seleksi UKM Labuan Bajo

Seleksi UKM Labuan Bajo

16 - 26 Oktober 2021

Pada seleksi UKM di Labuan Bajo akan ada beberapa agenda, antara lain : Coaching camp yang akan dilakukan oleh tim E-camp, UKM challenge, Intimate Dinner sekaligus Penjurian Finalis yang terdiri dari 9 UKM yang nantinya akan menghasilkan 3 pahlawan UKM lokal di masing-masing kategori Kuliner, Fesyen, dan Kriya Proses ini akan menyaring pendaftar menjadi 9 besar. Dengan kategori penyaringan yaitu Lokasi peserta berasal dari Labuan Bajo dan sekitarnya, Usaha sudah berjalan sama dengan atau lebih dari 1 tahun, Usaha dalam kategori Kriya, Kuliner (yang sudah mendapatkan Izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT)) dan Fesyen (yang memiliki unsur budaya lokal), usaha sudah terklasifikasi Go Digital (memiliki website/lapak digital), Jenis usaha masuk ke dalam klasifikasi kecil dan menengah. Seluruh penjurian akan dilakukan oleh tim dari Prasetya Mulya dan E-camp.

1 - 3 November 2021

Seleksi UKM Borobudur

Seleksi UKM Borobudur

1 - 3 November 2021

Pada seleksi UKM di Borobudur akan ada beberapa agenda, antara lain : Coaching camp yang akan dilakukan oleh tim E-camp, UKM challenge, Intimate Dinner sekaligus Penjurian Finalis yang terdiri dari 9 UKM yang nantinya akan menghasilkan 3 pahlawan UKM lokal di masing-masing kategori Kuliner, Fesyen, dan Kriya Proses ini akan menyaring pendaftar menjadi 9 besar. Dengan kategori penyaringan yaitu Lokasi peserta berasal dari Borobudur dan sekitarnya, Usaha sudah berjalan sama dengan atau lebih dari 1 tahun, Usaha dalam kategori Kriya, Kuliner (yang sudah mendapatkan Izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT)) dan Fesyen (yang memiliki unsur budaya lokal), usaha sudah terklasifikasi Go Digital (memiliki website/lapak digital), Jenis usaha masuk ke dalam klasifikasi kecil dan menengah. Seluruh penjurian akan dilakukan oleh tim dari Prasetya Mulya dan E-camp.

13 November 2021

Malam Puncak FKL 2021

Malam Puncak FKL 2021

13 November 2021

Jangan sampai lewatkan acara Malam Puncak FKL 2021, karena akan ada : Presscon Penutupan Acara FKL 2021 yang diadakan di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, kemudian Perayaan HUT Adira Finance ke-30, dan tentunya yang di tunggu-tunggu yaitu Pengumuman Pemenang Kreatif Lokal Award 2021