LIPUTAN MEDIA

Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Saksikan Festival Kreatif Lokal 2021

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno

VIVA – Festival Kreatif Lokal (FKL) 2021, kembali digelar untuk yang kedua kalinya. Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) yang bekerja sama dengan Adira Finance ini, akan digelar hingga November 2021 mendatang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan, kegiatan FKL ini digelar guna mendukung upaya pemerintah.

"Kegiatan ini digelar untuk mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif, UMKM unggulan sub sektor kuliner, kriya dan fashion dari lima Destinasi Super Prioritas, yakni Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang. Tidak hanya pada masyarakat Indonesia namun juga kepada dunia internasional," ujarnya melalui tayangan video saat Grand Launching Festival Kreatif Lokal 2021, yang digelar Adira Finance secara virtual, Rabu 1 September 2021.


Lebih lanjut, Sandiaga berharap agar Festival Kreatif Lokal 2021 dapat melahirkan pelaku-pelaku ekonomi yang tangguh dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai situasi yang menantang.

"Cermat memanfaatkan peluang pasar, serta cerdas memanfaatkan media digital seperti marketplace. Mengingat di masa pandemi ini telah terjadi perubahan tren belanja di masyarakat dari offline menjadi online," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Menparekraf turut mengajak masyarakat dan UMKM untuk menjadi bagian dari Festival Kreatif Lokal 2021 ini.


"Saya juga mengajak semua masyarakat luas untuk menyaksikan Festival Kreatif Lokal 2021 di YouTube. Mari dukung program Bangga Buatan Indonesia dengan terus beli kreatif lokal. Dengan berpartisipasi dan menyukseskan Festival Kreatif lokal ini, kita ikut mengapresiasi dan memberi semangat pada UMKM untuk terus berkontribusi terhadap perekonomian bangsa," tutur Sandiaga Uno.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli, turut menyatakan dukungannya pada upaya pemerintah, khususnya Kemenparekraf RI, dalam memajukan UKM sektor ekonomi kreatif agar bersama-sama tumbuh membangun perekonomian Indonesia di tengah masa pandemi.

"Program ini diselenggarakan sejalan dengan visi perusahaan dalam menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan," terang dia.

Hafid menambahkan, Festival Kreatif Lokal 2021 juga diharapkan dapat membuka peluang yang lebih besar bagi para UKM, khususnya di industri pariwisata Indonesia, agar semakin diakui secara nasional dan mengglobal.

"Kami berharap Festival Kreatif Lokal 2021 dapat menjadi momentum mengubah pola pikir UKM dari fix mindset to growth mindset dan membuka peluang produk berkualitas UKM Indonesia berkembang ke internasional," harap Hafid Hadeli.


Berita ini sudah terbit di www.viva,co.id (01/09/2021)

Sumber Berita