LIPUTAN MEDIA

Ini Dia 9 UKM Local Hero Mandalika yang Bakal Bertarung di Festival Kreatif Lokal Besutan Adira Finance

Festival Kreatif Lokal (FKL) 2021

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2021 di Destinasi Super Prioritas Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), kembali menggelorakan semangat pelaku ekonomi kreatif lokal menciptakan inovasi baru untuk kemajuan usaha mereka.

Program kolaborasi Adira Finance dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini, mendukung 56 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Mandalika agar menciptakan produk berskala nasional yang dapat bersaing secara internasional.

”Kami meyakini pelaku UKM peserta Festival Kreatif Lokal 2021 akan menjadi local heroes yang turut berperan menumbuhkan geliat positif aktivitas ekonomi kreatif di Mandalika, dan pada akhirnya bermuara pada peningkatan perekonomian setempat,” kata Head of Regional SSD - Bali & Nusa Tenggara Surya Almada Syahlani saat konferensi pers secara virtual, Kamis (14/10/2021).

Surya menilai penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2021 di Mandalika akan membawa para UKM lebih matang dalam menyiapkan produk yang memiliki daya tarik dengan kualitas prima, sehingga mendapatkan nilai jual lebih tinggi.

Terutama dengan adanya pembangunan sirkuit Mandalika yang turut membantu destinasi super prioritas ini menjadi pusat perhatian dunia, di samping Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang terus mempromosikan kawasan tersebut sebagai salah satu primadona tujuan wisata di Indonesia dengan kekayaan alam dan kearifan budaya lokal.

Kondisi ini akan menjadi peluang istimewa bagi para UKM untuk menunjukkan diri, sehingga dapat menjadikan Mandalika juga dikenal akan keunikan produk ekonomi kreatifnya.

Pendapat yang sama juga dilontarkan Founder e-Camp sekaligus mentor Festival Kreatif Lokal 2021 Kukuh Indra Prasena. Ia berharap peserta Festival Kreatif Lokal 2021 di Destinasi Super Prioritas Mandalika mampu mengoptimalkan potensi bisnis dari peluang perhelatan balapan internasional.

”Kegiatan selama Festival Kreatif Lokal 2021 merupakan bagian dari rangkaian pelaku UKM untuk menghasilkan terobosan yang inovatif dan nyata sebagai jawaban tuntutan pasar. Melalui Festival Kreatif Lokal 2021, pelaku UKM mendapatkan materi yang relevan sehingga produk dan jasanya dapat memiliki nilai ekonomi dan kompetitif di pasaran,” terangnya.

Dari 56 pelaku UKM di Mandalika yang berasal dari kategori usaha Fesyen, Kuliner, dan Kriya, berdasarkan proses pelatihan dan penjurian awal, terpilih delapan UKM local hero yang akan mewakili Mandalika ke babak final Festival Kreatif Lokal.

Adapun UKM yang terpilih dari kategori Kuliner adalah; Tri Utami Jaya, Songgajah, dan Yant Sorghum.

Sedangkan dari kategori Kriya yaitu; Indah Mutiara Lombok, Mutiara Lombok Waidah, dan Mawar Ketak Lombok.

Sementara dari kategori Fashion adalah; Seagana Batik Sasambo, Allea Galeri Etnik Indonesia, dan Tetjanting.

Sebanyak 9 UKM local hero ini akan menjalani coaching camp yang lebih intensif dari Prasetiya Mulya ELI dan e-Camp Indonesia, menggunakan metode yang dapat langsung diterapkan para UKM untuk menumbuhkan usaha kreatif mereka.

Selain itu, 9 UKM local hero ini akan dinilai Dewan Juri, yang terdiri dari 5 tokoh dengan kepakaran dan pengalaman dalam bidang bisnis serta ekonomi kreatif.

Dewan Juri ini terdiri dari pendiri M Bloc Space, Handoko Hendroyono, sebagai Ketua Dewan Juri; serta sebagai Anggota Dewan Juri adalah Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli; Deputi Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI, Nia Niscaya; Direktur SDM & Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi; Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Yuana Rochma Astuti; serta Direktur Adira Insurance, Wayan Pariama.

Dewan Juri akan menilai berdasarkan inovasi dan orisinalitas produk, visi-misi, model bisnis, serta strategi bisnis yang dikembangkan para UKM dari tiga kategori Fesyen, Kuliner, dan Kriya.

UKM local hero terbaik pilihan juri berhak mendapatkan penghargaan yang akan diserahkan saat acara Gebyar Adira Kreasi pada 13 November 2021, bertepatan dengan perayaan HUT ke-31 Adira Finance di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Sebagai tambahan motivasi, UKM terbaik juga akan mendapatkan hadiah senilai total ratusan juta rupiah berupa tambahan modal usaha, dan eksposur di berbagai media nasional, baik cetak maupun online.

Melalui Festival Kreatif Lokal 2021, Adira Finance mewujudkan dukungan terhadap kampanye nasional #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.

Kegiatan ini diselenggarakan sejalan dengan komitmen perusahaan untuk memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa, demi meningkatkan kesejahteraan. Hal ini sesuai visi Adira Finance “Menciptakan Nilai Bersama untuk Meningkatkan Kesejahteraan”.


Berita ini sudah terbit di www.industry.co.id (14/10/2021)

Sumber Berita