LIPUTAN MEDIA

Festival Kreatif Lokal 2021 Peluang Bagi Pelaku UKM di Lima Destinasi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menilai Festival Kreatif Lokal 2021 membuka peluang bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di lima destinasi super prioritas pariwisata untuk tumbuh dan memajukan bisnis di tengah berbagai tantangan yang ada.

"Festival Kreatif Lokal 2021 menjadi modal bagi pelaku UKM di lima destinasi super prioritas untuk tumbuh dan menunjukkan semangat terus maju di tengah tantangan,” kata Sandiaga dalam pesan video yang ditayangkan dalam peluncuran Festival Kreatif Lokal 2021, Rabu.

Festival Kreatif Lokal 2021 dipandang dapat dijadikan sebagai peluang meningkatkan kapasitas UKM untuk beradaptasi dan berinovasi menghadapi perkembangan dunia usaha, terutama pada industri pariwisata.

Selain itu, festival tersebut juga membuka peluang bagi pelaku UKM mendapatkan pelatihan yang nantinya dapat diterapkan dalam mengembangkan bisnis.

Lebih lanjut, Sandiaga menyebut bahwa Festival Kreatif Lokal 2021 sejalan dengan program Kemenparekraf RI dalam menggerakkan kembali roda perekonomian di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

"Serta merupakan langkah nyata berkelanjutan yang dilakukan Adira Finance, sebagai contoh kolaborasi yang baik di mana pihak swasta turut membantu kemajuan UKM di lima destinasi super prioritas pariwisata Indonesia,” kata Sandiaga.

Festival Kreatif Lokal (FKL) 2021 merupakan program yang digagas oleh Adira Finance bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam rangka mendukung pertumbuhan UKM di lima destinasi super prioritas pariwisata Indonesia.

Festival yang digelar untuk kedua kalinya itu merupakan wujud komitmen Adira Finance mendukung pengembangan ekonomi kreatif melalui program #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia, khususnya bagi pelaku UKM di Danau Toba, Sumatera Utara; Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur; Borobudur, Jawa Tengah; Likupang, Sulawesi Utara; dan Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli menjelaskan bahwa festival yang berlangsung hingga November mendatang itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT ke-31 Adira Finance.

Melalui kegiatan tersebut, pihaknya mendukung upaya Kemenparekraf dalam memajukan UKM sektor ekonomi kreatif agar tumbuh bersama membangun perekonomian di tengah masa pandemi COVID-19.

"Program ini diselenggarakan sejalan dengan visi perusahaan dalam menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan," ucap Hafid.

Festival Kreatif Lokal 2021 terdiri dari beberapa kegiatan, salah satunya Kreatif Lokal Award 2021, di mana akan dicari UKM terbaik dari tiga kategori bidang ekonomi kreatif, yaitu kuliner, kriya, dan fashion dari masing-masing lima destinasi super prioritas pariwisata Indonesia. (Ant/OL-12)


Berita ini sudah terbit di www.mediaindonesia.com (01/09/2021)

Sumber Berita