LIPUTAN MEDIA

Festival Kreatif Lokal 2021 Bawa UKM Candi Borobudur Tembus Pasar Global

Candi Borobudur (Dok. Unsplash/ Snowscat)

Liputan6.com, Jakarta Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2021 #TumbuhBersamaSahabat, telah sampai pada rangkaian terakhir Destinasi Super Prioritas Pariwisata Indonesia.

Setelah secara berurutan digelar di Destinasi Super Prioritas Danau Toba, Sumatera Utara; Likupang, Sulawesi Utara; Mandalika, Nusa Tenggara Barat; dan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur; kini tiba gilirannya untuk Destinasi Super Prioritas Borobudur.

Pada penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2021 di Destinasi Super Prioritas Candi Borobudur, sebanyak 50 pelaku usaha kreatif dari bidang Fesyen, Kuliner, dan Kriya berhasil melewati seleksi tahap awal, setelah pendaftaran ditutup pada 22 September 2021 lalu.


Melalui serangkaian pelatihan dan proses penjurian pada pekan ini, dari 50 UKM tersebut dewan juri menetapkan sembilan UKM local hero dari Destinasi Super Prioritas Borobudur untuk melanjutkan ke babak final, antara lain untuk kategori Kriya yaitu Naruna Ceramic, Gaba-Gaba Leather & Friends, CV. Palem Craft Jogja. Untuk kategori kuliner yaitu CV Sundoro Indonesia, CV Cariza Khansa Pratama/Bananania dan CV. Kirey Natural Taruno Abadi. Sedangkan untuk kategori Fesyen yaitu Siroshima Indonesia, PT Ozzy Batik Pekalongan, Rajutan Nyonya

”Melalui Festival Kreatif Lokal 2021, Adira Finance berharap pelaku UKM di sektor pariwisata, terutama di kawasan Candi Borobudur, dapat tumbuh melalui inovasi sehingga turut membantu akselerasi pertumbuhan ekonomi melalui sektor usaha kreatif,” ujar Kepala Wilayah Jawa Tengah Adira Finance, Irfan Budianto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (30/10/2021).

Melalui inovasi, pelaku usaha kreatif dapat meningkatkan kualitas produk maupun jasa UKM sehingga menjadi daya tarik tersendiri dan menambah pengalaman wisatawan, baik domestik juga mancanegara, yang berkunjung ke kawasan candi Buddha terbesar di dunia ini.

”Festival Kreatif Lokal 2021 dapat membangun kesadaran terhadap peran strategis pelaku UKM di kawasan Borobudur dalam meningkatkan kesejahteraan, sehingga mereka terus terpacu meningkatkan kualitas dan ragam produk sesuai taraf internasional agar dapat bersaing secara global,” jelas Irfan.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Slamet Achmad Husein, menyampaikan penghargaan tinggi atas kolaborasi Adira Finance dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI yang berinisiatif menggelar Festival Kreatif Lokal 2021 di Destinasi Super Prioritas Borobudur.

”Pelaku UKM di Borobudur memiliki tantangan sekaligus peluang yang besar di saat yang sama. Maka itu, inisiatif Adira Finance dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan menyelenggarakan Festival Kreatif Lokal menunjukkan bukti pentingnya kerja sama dan kolaborasi untuk menjadikan sektor pariwisata yang lebih baik, kuat, berkelanjutan di masa depan,” ujarnya.

Selanjutnya, sembilan UKM local hero di Destinasi Super Prioritas Borobudur akan menjalani proses pelatihan dan mentor yang lebih intensif dari Prasetiya Mulya Executive Learning Institute (ELI) dan Entrepreneur Camp Indonesia, dengan menggunakan metode praktik sehingga dapat langsung diterapkan para UKM dalam menumbuhkan usaha kreatif mereka. Selain itu, mereka akan dinilai Dewan Juri, yang terdiri dari para tokoh dengan kepakaran dan pengalaman dalam bidang bisnis serta ekonomi kreatif.

Melalui Festival Kreatif Lokal 2021, Adira Finance berkolaborasi dengan Kemenparekraf RI dalam mewujudkan dukungan terhadap kampanye nasional #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan sejalan dengan komitmen perusahaan untuk memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa, demi meningkatkan kesejahteraan. Hal ini sesuai visi Adira Finance “Menciptakan Nilai Bersama untuk Meningkatkan Kesejahteraan”.


Berita ini sudah terbit di www.liputan6.com (30/10/2021)

Sumber Berita