LIPUTAN MEDIA

9 Finalis UKM Danau Toba Siap Bersaing di Festival Kreatif Lokal 2021

Danau Toba, Karo, Sumatera Utara

VIVA – Festival Kreatif Lokal (FKL) 2021, masih terus bergulir hingga November mendatang. Setelah melalui serangkaian pelatihan dan seleksi, acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) yang bekerja sama dengan Adira Finance itu, telah berhasil menyaring 50 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Destinasi Super Prioritas (DSP) Danau Toba, Sumatera Utara.

UKM-UKM tersebut, mayoritas bergerak dari sektor usaha kuliner. Pada proses seleksi tahap pertama, 64 persen UKM bergerak di sektor Kuliner, 22 persen adalah UKM di bidang Kriya, dan Fashion 14 persen.

Regional Collection Head Sumatera-1 Adira Finance, Tengku Zainal Arifin, menjelaskan, seleksi dilakukan berdasarkan inovasi dan orisinalitas produk, visi-misi, model bisnis, serta strategi bisnis yang dikembangkan.


"Dari 50 UKM tersebut terpilih 9 local hero yang menjadi finalis pada masing-masing bidang ekonomi kreatif. Selanjutnya para pelaku UKM local hero ini akan menjalani sejumlah kegiatan pelatihan dan materi tambahan untuk meningkatkan soft skill, melalui aktivitas coaching camp yang diberikan Prasetiya Mulya Executive Learning Institute (ELI) dan Enterpreneur Camp (Ecamp)," ujarnya saat konferensi pers yang digelar virtual, Kamis 30 September 2021.

Tengku menambahkan, melalui Festival Kreatif Lokal 2021, pelaku UKM di DSP Danau Toba diharapkan mendapatkan wawasan baru mengenai praktik menumbuhkan usahanya, agar dikenal dalam lingkup nasional, tetapi juga menarik untuk dipasarkan secara global.

"Festival Kreatif Lokal 2021 adalah momen yang tepat untuk berkolaborasi, tidak hanya UKM di DSP Danau Toba, tapi juga secara umum semua UKM di Sumatera Utara," kata dia.


Menurut Tengku, kolaborasi ini akan menjadi momentum akselerasi bagi pelaku UKM dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas, sehingga dapat memunculkan pelaku usaha ekonomi kreatif yang kompeten, dan pada akhirnya menjadi nilai tambah terhadap daya tarik wisata, khususnya di DSP Danau Toba.

“Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2021 diharapkan memiliki dampak secara berkelanjutan, sehingga UKM yang menjadi local hero, setelah mendapatkan pelatihan dan mentoring, dapat juga menjadi ikon bagi UKM terutama di DSP Danau Toba," terang dia.

Nantinya, UKM lokal hero terbaik pilihan juri berhak mendapatkan Kreatif Lokal Award yang akan diserahkan saat acara Gebyar Adira Kreasi pada 13 November 2021 mendatang, di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.


Berita ini sudah terbit di www.viva.co.id (01/10/2021)

Sumber Berita